ANIMASI DAMPAK DAN PENCEGAHAN CYBERBULLYING PADA TINGKAT REMAJA DI KOTA BATAM

Meidianto song

Abstract


Abstract: In today’s digital age, social media has become a primary medium for social interactions, particularly among teenagers. While digital advancements bring various advantages, they also introduce challenges, such as the growing issue of cyberbullying, a harmful online behavior impacting teens' mental health and social relationships. This study focuses on developing an educational animation aimed at raising awareness about the effects and prevention of cyberbullying by employing the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) approach. The MDLC method provides a structured, step-by-step process for creating multimedia-based animations, involving concept, design, material collection, assembly, testing, and distribution stages. Assets were created in Adobe Illustrator, while animation development used Adobe Animate to effectively communicate cyberbullying risks and preventive strategies to teenagers. Distributed through social media to assess audience feedback, the animation received initial positive responses, indicating an increased understanding of cyberbullying prevention. This study serves as a useful basis for further research into digital media’s role as a preventive tool against cyberbullying among youth.

Keywords: cyberbullying; animation; multimedia development life cycle 

Abstrak: Di era digital saat ini, media sosial telah menjadi media utama untuk interaksi sosial, terutama di kalangan remaja. Sementara kemajuan digital membawa berbagai keuntungan, mereka juga menimbulkan tantangan, seperti masalah cyberbullying yang berkembang, perilaku online berbahaya yang memengaruhi kesehatan mental dan hubungan sosial remaja. Penelitian ini berfokus pada pengembangan animasi edukasi yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang efek dan pencegahan cyberbullying dengan menggunakan pendekatan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Metode MDLC menyediakan proses langkah demi langkah yang terstruktur untuk membuat animasi berbasis multimedia, yang melibatkan konsep, desain, pengumpulan material, perakitan, pengujian, dan tahap distribusi. Aset dibuat di Adobe Illustrator, sedangkan pengembangan animasi menggunakan Adobe Animate untuk mengomunikasikan risiko cyberbullying dan strategi pencegahan secara efektif kepada remaja. Didistribusikan melalui media sosial untuk menilai umpan balik audiens, animasi tersebut menerima tanggapan positif awal, yang menunjukkan peningkatan pemahaman tentang pencegahan cyberbullying. Penelitian ini menjadi dasar yang berguna untuk penelitian lebih lanjut tentang peran media digital sebagai alat pencegahan terhadap cyberbullying di kalangan remaja.

Kata kunci: cyberbullying; animasi; multimedia developmet life cycle


Full Text:

PDF

References


R. A. Rosadi, B. R. Hamzah, R. R. Delano, and G. Razali, “JICN: Jurnal Intelek dan Cendikiawan Nusantara Pengaruh Interaksi Sosial di Media Sosial terhadap Kejadian Cyberbullying dan Dampaknya terhadap Kesehatan Mental Remaja,” vol. 1, no. 3, 2024, [Online]. Available: https://jicnusantara.com/index.php/jicn

A. R. Restu, Angelica, K. B. Matongan, and A. Maulana, “SOSIALISASI DAMPAK CYBERBULLYNG DALAM SUDUT PANDANG PSIKOLOGI KRIMINAL DI KALANGAN SMAN 2 BABELAN,” vol. 1, no. 9, 2024.

Y. Syafindra and D. Yoesgiantoro, “Dampak cyberbullying terhadap kemampuan kecerdasan emosional remaja dengan pendekatan prakiraan,” Journal of National Paradigm-Based Resilience Strategy, vol. 1, no. 1, Feb. 2024, doi: 10.61511/napbres.v1i1.2024.683.

I. Wahyu Wijayati, F. Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Doktor Nugroho Magetan Jl Sendang Kamal, K. Kraton, K. Maospati, K. Magetan, and P. Jawa Timur, “Dampak cyberbullying terhadap anak remaja: peran holistik keluarga, masyarakat, dan sekolah,” 2024.

E. Muslima, E. Zuhara, and J. A. Safitri, “Pencegahan Edukasi CyaberBullying dalam Pandangan Islam,” JKA, 2024, [Online]. Available: https://bansigom.org/Jurnal/index.php/Bansigom_JKA/article/view/13

I. W. Prakosa, “Perlindungan Hukum Bagi Anak Korban Tindak Pidana Cyberbullying,” Nusantara: Jurnal Pendidikan, Seni, Sains dan …, 2022, [Online]. Available: https://journal.forikami.com/index.php/nusantara/article/view/337

A. Yusliwidaka, S. A. Rihardi, and ..., “PERAN SISWA SEBAGAI PENYULUH DALAM MENANGGULANGI TINDAKAN CYBERBULLYING DI DESA SUKOSARI,” Indonesian Journal Of …, 2021, [Online]. Available: http://ijocs.rcipublisher.org/index.php/ijocs/article/view/140

A. F. Karimah, J. Julia, P. D. Iswara, A. Ismail, D. Gusrayani, and I. Isrokatun, “Penggunaan Video Animasi untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Kesadaran Siswa Sekolah Dasar Terhadap Perundungan,” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, vol. 9, no. 1, pp. 416–424, Jan. 2024, doi: 10.51169/ideguru.v9i1.841.

F. Herlambang Pratama, F. Purnomo, M. B. Zannethi, and T. Supriyadi, “ANALISA DAMPAK PSIKOLOGIS CYBERBULLING TEHADAP KORBAN,” Jurnal Psikologi dan Bimbingan Konseling, vol. 3, no. 2, 2024, doi: 10.6734/LIBEROSIS..V2I2.3027.

N. Ahrajabanur, A. Sinring, and D. Meutiah, “Upaya Pencegahan Perilaku Cyberbullying Pada Peserta Didik di SMK Negeri Labuang Melalui Bimbingan Klasikal,” 2023.

V. Deslian and Y. Pernando, “STUDI KASUS: MENGENAL KEJAHATAN CYBERSTALKING DALAM KONTEKS LINGKUNGAN SEKOLAH,” 2023. [Online]. Available: https://nordvpn.com

Y. P. Delvin, “INTRODUCTION TO CYBERTERRORISM IN INDONESIA (OJS),” 2023.

M. Jufri, N. Buntu Laulita, K. Supriyadi, H. Winata, T. Priaji Kerschbaumer, and C. Justin Khomali, “Prosiding National Conference for Community Service Project (NaCosPro)”, [Online]. Available: http://journal.uib.ac.id/index.php/nacospro

J. Desain Fakultas, S. Rupa, and D. Desain, “PERANCANGAN VIDEO EDUKASI CYBERBULLYING TERHADAP REMAJA,” 2023.

F. S. Lie, F. L. Wongan, H. T. Portuna, and E. Marsella, “Pembuatan Video Edukasi Mengenai Cyberbullying pada SMK Negeri 1 Bojong,” 2024.

J. Hue and Y. Pernando, “KEJAHATAN SKIMMING DI BANK,” 2023.

Y. Pernando, “PERANCANGAN MOTION GRAPHIC SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA BAGI PEKERJA OPERASIONAL DI PELABUHAN TELUK BAYUR DI PT SEA ASIH LINES PADANG,” 2022. [Online]. Available: http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR

A. Syazili, “KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Penerapan Metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) Dalam Rancangan Animasi 3 Dimensi Short Animation ‘Dampak Kekerasan Fisik Pada Anak,’” Media Online), vol. 4, no. 2, pp. 770–779, 2023, doi: 10.30865/klik.v4i2.1207.

B. Effendi, “Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dalam Membangun Aplikasi Edukasi Covid-19 Berbasis Android MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE (MDLC) METHOD IN BUILDING COVID-19 EDUCATIONAL APPLICATIONS ANDROID BASED,” TEKNOMATIKA, vol. 10, no. 02, pp. 1–5, 2020.

P. Utami and H. Sama, “Penerapan Metode MDLC pada Perancangan Video Profile Sekolah Advent Mision Sagulung Penerapan Metode MDLC pada Perancangan Video Profile Sekolah Advent Mision Sagulung Application of MDLC Method in Designing Video Profile of Advent Mision School Sagulung,” vol. 2, no. 5, pp. 443–451, 2022, doi: 10.36418/comserva.v2i5.336.

F. Alfiansyah, S. Lina, and M. Sitio, “Implementasi Metode Multimedia Development Life Cycle (Mdlc) Pada Aplikasi Edukasi Interaktif Pengenalan Mental Health Kepada Masyarakat Berbasis Mobile.” [Online]. Available: https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic

A. Syazili, “KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Penerapan Metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) Dalam Rancangan Animasi 3 Dimensi Short Animation ‘Dampak Kekerasan Fisik Pada Anak,’” Media Online), vol. 4, no. 2, pp. 770–779, 2023, doi: 10.30865/klik.v4i2.1207




DOI: https://doi.org/10.33330/j-com.v%25vi%25i.3566

Article Metrics

Abstract view : 25 times
PDF - 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.