PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN JASA UNTUK SEWA DRESS KISARAN DENGAN SERVQUAL

Novi Santika, Rizky Fauziah, Amalia Amalia

Abstract


Sewa Dress Kisaran adalah usaha yang bergerak dalam bidang jasa sewa pakaian yang beralamat di desa Rawang Pasar 4 Kecamatan Rawang Panca Arga Kabupaten Asahan. Sewa Dress Kisaran menyediakan jasa sewa pakaian seperti dress (gaun) dan kebaya. Minat sewa pakaian untuk acara penting saat ini sudah cukup populer di kalangan masyarakat.Kenyamanan dan kepuasan pelanggan merupakan keuntungan bagi setiap pelaku usaha. Kesetiaan pelanggan memiliki peranan yang sangat penting dalam organisasi bisnis atau usaha yang dijalankan. Namun kenyataannya jasa yang ditawarkan yang seharusnya memberi kenyamanan terhadap pelanggan malah memiliki banyak hal yang menjadi kendala dalam proses pelayanan sehingga banyak pelanggan yang kurang nyaman. Sehingga, diciptakan suatu sistem pendukung keputusan dengan metode Service Quality yang menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Sistem ini bertujuan sebagai alat untuk mengukur kualitas pelayanan. Hasil penelitian menggunakan metode Service Quality yaitu mendapatkan 48% Tidak Puas, 44% Sangat Puas dan 8% Puas dari 35 responden yang mengisi kuisioner.Dengan adanya sistem untuk mengukur kualitas layanan yang ada di Sewa Dress Kisaran dapat membantu pihak pemilik Sewa Dress Kisaran dalam pengambilan keputusan dalam melaksanakan perbaikan kualitas layanan yang ada.


Full Text:

PDF

References


A. Aminudin, “Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja Dan Ketertarikan Fashion Terhadap Pembelian Impulsif Produk Fashion Online Shop,” J-CEKI J. Cendekia Ilm., vol. 1, no. 6, pp. 726–731, 2022, [Online]. Available: http://ulilalbabinstitute.com/index.php/J-CEKI/article/view/810

D. H. F. Wijaya, Hartono, and Hermansyah, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Penyewaan Baju Pengantin Studi Kasus Pada CV. Tini Suherlan Jakarta …,” JAMBIS J. Adm. Bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 179–192, 2022, [Online]. Available: https://ojs.stiami.ac.id/index.php/JUMABI/article/view/2495%0Ahttps://ojs.stiami.ac.id/index.php/JUMABI/article/viewFile/2495/1117

L. F. Israwan, F. Musadat, and I. Irnawati, “Rancang Bangun Sistem Penjualan dan Penyawaan Pakaian Adat Buton Berbasis Android,” J. Inform., vol. 12, no. 1, pp. 96–105, 2023, doi: 10.55340/jiu.v12i1.1156.

L. Istiyawari, M. R. Hanif, and A. Nuswantoro, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan,” Solusi, vol. 19, no. 3, p. 191, 2021, doi: 10.26623/slsi.v19i3.4053.

Y. Prananda, D. R. Lucitasari, and M. S. Abdul Khannan, “Penerapan Metode Service Quality (Servqual) Untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Pelanggan,” Opsi, vol. 12, no. 1, p. 1, 2019, doi: 10.31315/opsi.v12i1.2827.

D. Pranitasari and A. N. Sidqi, “Analisis Kepuasan Pelanggan Elektronik Shopee menggunakan Metode E-Service Quality dan Kartesius,” J. Akunt. dan Manaj., vol. 18, no. 02, pp. 12–31, 2021, doi: 10.36406/jam.v18i02.438.

N. H. Marzuq and H. Andriani, “Hubungan Service Quality Terhadap Kepuasan Pasien di Fasilitas Pelayanan Kesehatan : Literature Review,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 6, no. 2, pp. 16382–16395, 2022.

S. Hamidani, V. Amalia, and J. Agustin, “Sistem Pengukuran Kualitas Layanan Pada Perpustakaan Smkn Muara Beliti Menggunakan Metode Serqual,” J. Ilm. Bin. STMIK Bina Nusant. Jaya, vol. 2, no. 1, pp. 1–7, 2020, [Online]. Available: https://e-journal.stmik-bnj.ac.id/index.php/jb/article/view/13




DOI: https://doi.org/10.33330/j-com.v4i2.3203

Article Metrics

Abstract view : 75 times
PDF - 103 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.