IMPLEMENTASI APLIKASI PEMESANAN TIKET BERBASIS ANDROID DI CV SINGAPORE LAND WATERPARK BATU BARA

Siti Umairoh, Nurwati Nurwati, Rohminatin Rohminatin

Abstract


CV. Singapore Land Waterpark Batu Bara merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang rekreasi (Waterpark) yang di resmikan Bupati Batu Bara Bapak OK Arya Zulkarnaen, SH, MM Pada tanggal 21 Desember 2016. Beralamat di Jl. Lintas Sumatera No.KM 141, Perkebunan Sei Balai, Kec. Sei Balai, Kabupaten Batu Bara. Permasalahan yang dialami perusahaan Singapore Land Waterpark adalah penjualan tiket yang masih di pesan ketika pengunjung harus mengantri untuk melakukan pembelian tiket. Hal ini membuat pengunjung tidak nyaman dalam segi waktu juga masih menggunakan sistem manual dalam pengolahan penjualan tiket sehingga kurang akurat dalam proses pembuatan laporan. Tujuan penelitian ini adalah membantu mempermudah penjuaan tiket dan mengelola informasi apa saja yang ada di dalam Waterpark Singapore Land. Metode yang digunakan pada penelitian ini dengan cara mengumpulkan data melalui observasi langsung dan wawancara. Penelitian ini juga didukung dengan metode kualitatif untuk memahami fenomena secara mendalam. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah aplikasi android pemesanan tiket online dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, database MySQL dikombinasikan dengan aplikasi kodular. Dengan aplikasi ini, Singapore Land Waterpark dapat menjual tiket kepada pengunjung dengan cepat tanpa harus mengantri, membantu pengunjung melakukan pemesanan tiket secara online melalui handphone serta mempermudah pegawai dalam pengelolaan data dan pembuatan laporan yang akurat.


Full Text:

PDF

References


M. Suhardiansyah and Samsuri, “Perancangan Sistem Pengembangan Pemesanan Tiket Pada Pt. Andeva Pesona Wisata Berbasis Android,” ISB ATMALUHUR PANGKAL PINANG, 2018.

W. K. R and A. K. Yapie, “Aplikasi Location Based Service ( LBS ) Taman Mini Indonesia Indah ( TMII ) Berbasis Android,” pp. 13–18, 2013.

E. Y. Anggraeni, Pengantar sistem informasi. Penerbit Andi, 2017.

S. S. Julianto Simatupang, “Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Tiket Bus Pada Po. Handoyo Berbasis Online,” J. Intra Tech, vol. 3, no. 2, pp. 60–78, 2019, doi: 10.37030/jit.v5i2.96.

S. S. Askarinda, “Aplikasi Pem belian Tiket Semeru Berbasis Android Untuk Meminimalisir Antrian Berbasis Android,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 454–459, 2018.

S. E. Zaluchu, “Strategi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama,” Evang. J. Teol. Injili dan Pembin. Warga Jemaat, vol. 4, no. 1, p. 28, 2020, doi: 10.46445/ejti.v4il.167.




DOI: https://doi.org/10.33330/j-com.v4i2.3189

Article Metrics

Abstract view : 90 times
PDF - 83 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.