PENERAPAN DATA MINING UNTUK PENENTUAN KELAS UNGGULAN DENGAN ALGORITMA K-MEANS PADA SMP NEGERI 3 KUALUH HULU

Nur Balqis, Erika Amoy Parapat

Abstract


Pendidikan memainkan peran krusial dalam pengembangan individu dan masyarakat. Peningkatan mutu pendidikan menjadi fokus utama pembangunan di Indonesia, dengan peran guru sebagai faktor penting dalam mencapai tujuan tersebut. SMP Negeri 3 Kualuh Hulu, sebagai salah satu lembaga pendidikan, menghadapi tantangan dalam pengelompokan siswa baru ke dalam kelas unggulan. Penelitian ini menggunakan metode Data Mining, khususnya K-Means Clustering, untuk membantu dalam seleksi dan pengelompokan siswa berdasarkan nilai rapor mereka. Metode K-Means Clustering digunakan untuk mengklasifikasikan siswa ke dalam tiga kelompok: tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini menggambarkan proses pengolahan data menggunakan Python untuk memperoleh hasil klasterisasi. Hasilnya menunjukkan bahwa 25 siswa memiliki nilai tinggi, 45 siswa memiliki nilai sedang, dan 41 siswa memiliki nilai rendah. Dengan informasi ini, sekolah dapat dengan cepat dan efisien menentukan siswa yang layak masuk kelas unggulan, memungkinkan peningkatan kualitas pembelajaran dan persiapan siswa untuk pendidikan lanjutan.

Full Text:

PDF

References


“Silahkan Login dengan Akun Sendiri untuk melihat Komentar Reviewer: https://skripsi.tunasbangsa.ac.id/index.php/2022/editor/viewRevie wFormResponse/377/261,” 2022, [Online]. Available: https://skripsi.tunasbangsa.ac.id/index.php/2022/editor/viewRevie

F. P. Dewi, P. S. Aryni, and Y. Umaidah, “Implementasi Algoritma K-Means Clustering Seleksi Siswa Berprestasi Berdasarkan Keaktifan dalam Proses Pembelajaran,” vol. 7, no. 2, pp. 111–121, 2022.

S. Rustam and H. Annur, “Akademik Data Mining (Adm) K-Means Dan K-Means K-Nn Untuk Mengelompokan Kelas Mata Kuliah Kosentrasi Mahasiswa Semester Akhir,” Ilk. J. Ilm., vol. 11, no. 3, pp. 260–268, 2019, doi: 10.33096/ilkom.v11i3.487.260-268.

M. F. Hafiz, I. Faisal, I. Lubis, and U. H. Medan, “Perancangan Klasifikasi Pemetaan Kelas Siswa Unggulan Menggunakan Metode K-Means Clustering Pada SMA Negeri 3 Tanjung Balai Berbasis Web,” vol. 6341, no. November, pp. 75–83, 2022.

A. Sulistiyawati and E. Supriyanto, “Implementasi Algoritma K-means Clustring dalam Penetuan Siswa Kelas Unggulan,” J. Tekno Kompak, vol. 15, no. 2, p. 25, 2021, doi: 10.33365/jtk.v15i2.1162.

H. Di Kesuma and ul Hamidani, “Penerapan data mining menggunakan algoritma k-means clustering dalam pengelompokan penerima beasiswa KIP kuliah,” J. Ilm. Bin. STMIK Bina Nusant. Jaya, vol. 05, no. 01, pp. 2657–2117, 2023.

M. Noperia, I. Ishak, and V. W. Sari, “Implementasi Data Mining Pengelompokan Data Nilai Untuk Menentukan Minat Belajar Seni Budaya,” J. Sist. Inf. Triguna Dharma (JURSI TGD), vol. 2, no. 1, p. 65, 2023, doi: 10.53513/jursi.v2i1.5656.

R. Sidik, N. Suarna, and A. Rinaldi Dikananda, “Analisa Data Set Peminatan Siswa Menggunakan Algoritma K-Means Dengan Optimize Parameter Di Sekolah Menengah Kejuruan,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 7, no. 2, pp. 1197–1203, 2023, doi: 10.36040/jati.v7i2.6335.

A. Hasnan and M. Arif, “Penerapan Data Mining Untuk Pengelompokan Kelas Siswa Unggulan Berdasarkan Nilai Raport Menggunakan Metode K- Means Clustering ( Studi Kasus : SMK Muhammadiyah 3 Weleri ),” J. Tek. Inform. dan Desain Komun. Vis., vol. 1, no. 2, pp. 82–93, 2022.

A. S. Kusuma and K. S. Aryati, “Sistem Informasi Akademik Serta Penentuan Kelas Unggulan Dengan Metode Clusttering Dengan Algoritama K-Means Di Smp Negeri 3 Ubud,” J. Sist. Inf. dan Komput. Terap. Indones., vol. 1, no. 3, pp. 143–152, 2019, doi: 10.33173/jsikti.29.

R. P. Primanda, A. Alwi, and D. Mustikasari, “DATA MINING SELEKSI SISWA BERPRESTASI UNTUK MENENTUKAN KELAS UNGGULAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING (Studi Kasus di MTS Darul Fikri ),” Komputek, vol. 5, no. 1, p. 88, 2021, doi: 10.24269/jkt.v5i1.686.

T. Syahputra, “Penerapan Data Mining Dalam Pengelompokan Kelas Mahasiswa Berdasarkan Hasil Ujian Saringan Masuk Dengan Algoritma K-Means,” JURTEKSI (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi), vol. 5, no. 2, pp. 161–166, 2019, doi: 10.33330/jurteksi.v5i2.350.

“JUTSI ( Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi ) BANGUNAN TERLARIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS DI UD MAJU BERSAMA Mahasiswa Prodi Sistem Informasi , STMIK Royal Dosen Prodi Sistem Informasi , STMIK Royal JUTSI ( Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi ),” vol. 2, no. 2, pp. 93–102, 2022.

M. Kelas and U. Pada, “IMPLEMENTASI ALGORITMA K-MEANS UNTUK,” vol. 1, no. 1, pp. 128–135, 2020.

A. Ikhwan and N. Aslami, “Implementasi Data Mining untuk Manajemen Bantuan Sosial Menggunakan Algoritma K-Means,” J. Teknol. Inf., vol. 4, no. 2, pp. 208–217, 2020, doi: 10.36294/jurti.v4i2.2103.




DOI: https://doi.org/10.33330/j-com.v4i1.2978

Article Metrics

Abstract view : 166 times
PDF - 106 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.