Peningkatan Daya Saing Toko Online Berbasis E-CRM (Studi Kasus Toko RSMSTORE.ID)

Sopina Denisa Nasution, Nurwati Nurwati, Endra Saputra

Abstract


 

Abstract: RSMSTORE.ID shop is a business that is engaged in selling beauty products (cosmetics) which is located on Jl. SM Raja Kisaran, West Kisaran District, Asahan Regency, North Sumatra. Currently, the RSMSTORE.ID Store only uses Facebook and other social media to promote the products it sells. The number of goods sold and the number of customers at the RSMSTORE.ID Store from January to November 2021, where there is a decrease in the number of goods sold in the last month. Of course this has an impact on the profits obtained by the store. Aware of the fact that customer satisfaction is important in a business, it is necessary to have a system that can help stores increase sales. The tight business competition in the current digital era makes RSMSTORE.ID Stores have to carry out marketing strategies to manage their customers, increase new customers and retain old customers. In line with the current development of technology and social media, various efforts have been made to increase sales. One way that a store can do to be able to compete in the world of business sales is to implement a system or method, namely CRM (Customer Relationship Management).

 

Keywords: CRM; beauty products (Cosmetics); PHP and MySQL

 

 

Abstrak:Toko RSMSTORE.ID adalah usaha yang bergerak di bidang penjualan  produk kecantikan (kosmetik) yang berada di Jl. SM Raja Kisaran Kecamatan Kisaran Barat Kabupaten Asahan Sumatera Utara. Saat ini Toko RSMSTORE.ID hanya menggunakan facebook dan media sosial lainnya untuk promosi produk yang dijual. Jumlah barang yang terjual dan jumlah pelanggan pada Toko RSMSTORE.ID mulai bulan Januari sampai dengan bulan November 2021, dimana terdapat penurunan jumlah barang yang terjual di satu bulan terakhir. Tentu hal ini berdampak pada keuntungan yang diperoleh oleh toko. Sadar akan fakta bahwa kepuasan pelanggan merupakan hal yang penting dalam suatu bisnis, maka diperlukan sebuah sistem yang dapat membantu toko dalam meningkatkan penjualan. Ketatnya persaingan bisnis di era digital saat ini membuat Toko RSMSTORE.ID harus melakukan strategi pemasaran untuk mengelola pelanggannya, Meningkatkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama. Sejalan dengan perkembangan teknologi dan sosial media saat ini, berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan penjualan. Salah satu cara yang dapat dilakukan sebuah toko agar mampu bersaing dalam dunia bisnis penjualan adalah dengan menerapkan sebuah sistem atau metode yaitu CRM (Customer Relationship Management).

 

Kata Kunci: CRM; produk kecantikan (kosmetik); PHP  dan MySQL

 


Full Text:

PDF

References


M. H. Al Gifar and Muhsin, “Implementasi Customer Relationship Management ( Crm ) Pada Penjualan Online Di Toko Utami,” J. Nuansa Inform., vol. 11, no. 1, pp. 62–69, 2016.

A.B.Ramadhan,“PERANE-CRM ( ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT ) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN ( Studi pada Harris Hotel & Conventions Malang ),” vol. 40, no. 1, pp. 194–198, 2016.

M. Destiningrum and Q. J. Adrian, “Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbassis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus: Rumah Sakit Yukum Medical Centre),” J. Teknoinfo, vol. 11, no. 2, p. 30, 2017.

F. Ayu and W. Sholeha, “Rancang bangun sistem informasi penjadwalan mata pelajaran berbasis web pada smart center pekanbaru,” Intra-Tech, vol. 3, no. 1, pp. 38–48, 2019.

Y. Yusran, “Perancangan Sistem Informasi Administrasi Pembayaran SPP Siswa Berbasis Web,” Edik Inform., vol. 6, no. 2, pp. 7–14, 2020.

J. B. Sanger, “Penentuan Prioritas Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Website Unika De La Salle Manado Dengan Metode Analytical Hierarchy Process,” pp. 405–412, 2018.

E. Erlinda, E. Syam, and S. Chairani, “Perancangan Aplikasi Customer Relationship Management (Crm) Untuk Meningkatkan Layanan Pelanggan Pada Toko Unforgivn Toxic Fashion Lubuk Alung,” J. Teknol. Dan Open Source, vol. 3, no. 2, pp. 202–214, 2020.




DOI: https://doi.org/10.33330/j-com.v2i2.1769

Article Metrics

Abstract view : 54 times
PDF - 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.