IMPLEMENTASI Metode Certainty Factor untuk Analisis dan Perancangan Expert System Penyakit Mulut Pada Klinik Zihad Insan

Fani Kartika, Hambali Hambali, Mhd. Ihsan

Abstract


Abstract : Dental and oral health is an important part of your overall health and well-being. Maintaining healthy teeth and gums is a lifelong commitment. The earlier you learn proper oral hygiene habits such as brushing, flossing, and limiting sugar intake, the easier it is to avoid expensive dental procedures and long-term health problems. One of the Community Health Centers located in Sijabut Village has problems in serving people who experience oral and dental diseases due to the lack of medical personnel, especially dental and oral specialists to provide accurate diagnoses regarding the types of oral and dental diseases suffered. Another reason is that the doctors who work at Zihad Insani Clinic are mostly general practitioners who may not understand about oral and dental diseases so that the services received by the community are not satisfactory. Therefore, in supporting the success of services at the Zihad Insani Clinic, a system is needed that can assist in providing effective services to provide effective diagnoses based on the understanding and knowledge of specialist doctors or dental and oral experts designed in an Expert System. 

Keywords: Expert System; Oral Disease; Certainty Factor

 

 

Abstrak : Kesehatan gigi dan mulut adalah bagian penting dari kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan. Menjaga kesehatan gigi dan gusi adalah komitmen seumur hidup. Semakin dini Anda mempelajari kebiasaan kebersihan mulut yang tepat seperti menyikat gigi, flossing, dan membatasi asupan gula , semakin mudah untuk menghindari prosedur gigi yang mahal dan masalah kesehatan jangka panjang. Salah satu Pusat Kesehatan Masyarakat yang berada di Desa Sijabut memiliki kendala dalam melayani masyarakat yang mengalami penyakit mulut dan gigi disebabkan kurangnya tenaga medis khususnya dokter Spesialis Gigi dan mulut untuk memberikan diagnosa yang akurat mengenai jenis penyakit mulut dan gigi yang diderita. Penyebab lainnya karena dokter yang bertugas di Klinik Zihad Insani tersebut sebagian besar dokter umum yang mungkin kurang memahami mengenai penyakit mulut dan gigi sehingga pelayanan yang diperoleh oleh masyarakt kurang memuaskan. Oleh sebab itu dalam menunjang keberhasilan pelayanan pada Klinik Zihad Insani diperlukan sebuah sistem yang dapat membantu dalam memberikan pelayanan yang efektif untuk memberikan diagnosa yang efektif berdasarkan pemahaman dan keilmuan dari dokter spesialis ataupun pakar gigi dan mulut yang dirancang dalam suatu Expert System.

 

Kata Kunci : Expert System; Penyakit Mulut; Certainty Factor

 


Full Text:

PDF

References


i M. priana Joko santoso, Seri darmawanti, “Transformasi Fondasi Iman Kristen dalam Pelayanan Pastoral di Era Society 5.0,” J. Teol. Ber. Hidup, vol. 4, no. 1, pp. 19–35, 2021, [Online]. Available: https://emea.mitsubishielectric-.com/ar/products-solutions/factory-automation/index.html.

S. Laila, “Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ispa Dengan Metode Certainty Factor Berbasis Android,” J. TECHNO Nusa Mandiri, vol. XIII, no. 2, p. 89, 2016.

P. B. A. A. Putra, “Implementasi Metode Certainty Factor Pada Sistem Pakar Pendeteksi Kerusakan Printer,” J. Teknol. Inf. J. Keilmuan dan Apl. Bid. Tek. Inform., vol. 14, no. 1, pp. 40–51, 2020, doi: 10.47111/jti.v14i1.608.

E. D. S. Mulyani, C. R. Hidayat, and T. C. Ulfa, “Sistem Pakar Untuk Menentukan Jurusan Kuliah Berdasarkan Minat dan Bakat Siswa SMA Dengan Menggunakan Metode Forward Chaining,” CSRID (Computer Sci. Res. Its Dev. Journal), vol. 10, no. 2, p. 80, 2021, doi: 10.22303/csrid.10.2.2018.80-92.

T. Hidayat, H. N. Nasution, S. W. R. Nasution, and R. Fauzi, “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Lupus Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor,” J. Educ. Dev., vol. 7, no. 3, p. 114, 2019, doi: 10.37081/ed.v7i3.1201.




DOI: https://doi.org/10.33330/j-com.v1i3.1417

Article Metrics

Abstract view : 203 times
PDF - 102 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.