Penerapan CRM dalam Sistem Informasi Penjualan dan Pemasaran Berbasis Web Pada Toko Bintang Kaca Tanjungbalai

Ririn Dayanti, Nofriadi Nofriadi, Pristiyanilicia Putri

Abstract


Abstract : Bintang Kaca Tanjungbalai Store measures the readiness of the application in designing a web-based Customer Relationship Management (CRM) at the Bintang Kaca Tanjungbalai Store, including, the sales process is still carried out by installing banners in front of the store and recommendations from person to person. Thus resulting in a lack of information known by customers about the product at the Bintang Kaca Tanjungbalai Store. Then in the ordering process, the customer is still very difficult to order a product because the ordering process is still manual, namely by coming directly to the Bintang Kaca Shop Tanjungbalai. As for other problems, namely in the customer service process there are no facilities that help them to get information about products, and interact with the Bintang Kaca Tanjungbalai Store to submit suggestions, criticisms and questions (faq). As well as experiencing difficulties in the process of managing and storing customer data who have made transactions, so that Bintang Kaca Tanjungbalai Store cannot analyze customer complaints, customer wishes, customer impressions. Along with the times, Toko Bintang Kaca Tanjungbalai wants its business to grow and be able to beat its competitors, by using one of the customer-oriented business strategies or what is known as CRM (Customer Relationship Management).

 

Keywords: Furniture; Customer Relationship Management; PHP; Sublime Text.

  

Abstrak: Toko Bintang Kaca Tanjungbalai mengukur kesiapan dari penerapan dalam perancangan Customer Relationship Management (CRM) berbasis web pada Toko Bintang Kaca Tanjungbalai ini diantaranya yaitu, pada proses penjualan masih dilakukan dengan memasang banner di depan toko dan rekomendasi dari orang ke orang. Sehingga mengakibatkan kurangnya informasi yang diketahui oleh pelanggan mengenai produk pada Toko Bintang Kaca Tanjungbalai. Kemudian pada proses pemesanan pihak pelanggan masih sangat kesulitan dalam memesan suatu produk karena proses pemesanannya masih manual, yaitu dengan datang langsung ke Toko Bintang Kaca Tanjungbalai. Adapun permasalahan lainnya, yaitu pada proses pelayanan pelanggan tidak ada fasilitas yang membantu mereka untuk mendapatkan informasi mengenai produk, dan melakukan interaksi dengan pihak Toko Bintang Kaca Tanjungbalai untuk menyampaikan saran, kritik dan pertanyaan (faq). Serta mengalami kesulitan dalam proses mengelola dan menyimpan data pelanggan yang telah melakukan transaksi, sehingga Toko Bintang Kaca Tanjungbalai tidak bisa menganalisa keluhan pelanggan, keinginan pelanggan, kesan pelanggan. Seiring perkembangan zaman Toko Bintang Kaca Tanjungbalai ingin bisnisnya dapat berkembang dan dapat mengalahkan pesaing-pesaingnya, dengan menggunakan salah satu strategi bisnis berorientasi pada pelanggan atau disebut dengan istilah CRM (Customer Relationship Management).

 

Kata Kunci: Furniture; Customer Relationship Management; PHP; Sublime Text.


Full Text:

PDF

References


T. Yuliaty, C. S. Shafira, and M. R. Akbar, “Strategi UMKM Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Global,” Mbia, vol. 19, no. 3, pp. 293–308, 2020, doi: 10.33557/mbia.v19i3.1167.

I. R. Munthe, “Perancangan Sistem Informasi Pengarsipan Data Penduduk Pada Kantor Camat Bilah Hulu Kabupaten Labuhan Batu Dengan Metode System Develovment Life Cycle (Sdlc),” J. Inform., vol. 5, no. 1, pp. 22–31, 2019, doi: 10.36987/informatika.v5i1.666.

H. P. Thiodore, R. Haryono, D. Pratama, and D. Pibriana, “Sistem Informasi Manajemen Hubungan Pelanggan Berbasis Website Pada CV Wangsa Mandiri Sukses Palembang,” no. x, pp. 1–10, 2018, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/84754528.pdf.

Y. O. Rahmawati, A. Kusniawati, and I. Setiawan, “Customer reationship managemet dan,” vol. 1, pp. 102–115, 2019.

R. U. F. Rahayu Ginanjar, Renaldi Faiza, “Pembangunan Customer Relationship Management ( CRM ) pada PT. Sanbe Farma,” vol. 9, pp. 208–213, 2018, [Online]. Available: https://www.publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php-/PROSIDING_SNST_FT/article/view/2401/2387.

Maduri, Z., Hutahaean, J., & Azmi, S. R. M. (2021). Penerapan Strategi Customer Relationship Management Pada Penjualan Kerajinan Tangan. JUTSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi), 1(1), 79-88.

Alvionnita, A. N., Firmansyah, A. U., & Maharani, D. (2021). Implementasi Customer Relationship Management Untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Pada Klinik Dinda Berbasis Web. JUTSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi), 1(1), 71-78.




DOI: https://doi.org/10.33330/j-com.v1i3.1410

Article Metrics

Abstract view : 692 times
PDF - 487 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.