Analisa Algoritma Apriori dengan Association Rule Untuk Rekomendasi Promosi Produk Elektronik Di Toko UD Surya Kisaran

Yustika Margolang, Fauriatun Helmiah, Mardalius Mardalius

Abstract


Abstract: Data Mining is a term used to describe the processes in each itemset to be able to find the results of each item. Analysis is used to determine the promotion of electronic products, namely the a priori algorithm association rules, therefore UD Surya Elektronik Shop for increasing sales results must have other strategies to be able to improve the sales system. One way is to determine the goods to be promoted to consumers. The collection of sales data that is owned can actually be processed using data mining to see customer buying patterns, with data mining for large data it will not be wasted and can be useful so that it can provide benefits to the company. In this study, the data processing uses the Apriori Algorithm, which is a data mining method that aims to find association patterns based on purchasing patterns made by consumers, so that it can be seen which items are often purchased simultaneously.

 Kata Kunci : Data Mining, Apriori Algorithms, Product Promotion

 

 

Abstrak: Data Mining adalah suatu istilah yang digunakan untuk menguraikan proses-proses di setiap itemset untuk dapat menemukan hasil setiap item-item nya, Analisa yang digunakan untuk menentukan promosi produk-produk elektronik yaitu dengan aturan asosiasi algoritma apriori, oleh karena itu Toko UD Surya Elektronik untuk meningkatkan hasil penjualan maka harus memiliki strategi lain untuk dapat meningkatkan sistem penjualannya. Salah satunya adalah dengan menentukan barang yang akan dipromosikan kepada konsumen. Kumpulan data penjualan yang dimiliki sebenarnya dapat diolah menggunakan data mining untuk melihat pola pembelian pelanggan, dengan data mining untuk data yang besar tidak akan terbuang begitu saja dan dapat bermanfaat sehingga dapat memberikan keuntungan kepada perusahaan. Pada penelitian ini, proses pengolahan data menggunakan Algoritma Apriori yang merupakan salah satu metode data mining yang bertujuan untuk mencari pola assosiasi berdasarkan pola pembelian yang dilakukan oleh konsumen, sehingga bisa diketahui item-item barang apa saja yang sering dibeli secara bersamaan.

 

Kata Kunci : Data Mining, Algoritma Apriori, Promosi Produk.


Full Text:

PDF

References


Y. Heriyanto, “Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web Pada PT.APM Rent Car,” J. Intra-Tech, vol. 2, no. 2, pp. 64–77, 2018.

C.Pradeepkumar and S.Loganathan, “Penerapan Metode Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori Pada Aplikasi Pola Belanja Konsumen ( Studi Kasus Toko Buku Gramedia Bintaro ),” Int. J. Sci. Eng. Res. (IJ0SER), vol. 3, no. 4, pp. 120–127, 2015, [Online]. Available: http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/ti/article/view/5602/3619.

Verawati and P. D. Liksha, “Aplikasi Akuntansi Pengolahan Data Jasa Service,” J. Sist. Inf. Akunt., vol. 1, no. 1, p. 3, 2018.

A. A. Christyan Putra, H. Haryanto, and E. Dolphina, “Implementasi Metode Association Rule Mining Dengan Algoritma Apriori Untuk Rekomendasi Promo Barang,” CSRID (Computer Sci. Res. Its Dev. Journal), vol. 10, no. 2, p. 93, 2021, doi: 10.22303/csrid.10.2.2018.90-100.

D. Sukrianto, “Penerapan Teknologi Barcode pada Pengolahan Data Pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP),” Intra-Tech, vol. 1, no. 2, pp. 18–27, 2017.




DOI: https://doi.org/10.33330/j-com.v2i1.1190

Article Metrics

Abstract view : 62 times
PDF - 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.