Pengembangan Aplikasi Kamus Bergambar Untuk Pembelajaran Anak Berbasis Android

Suri Adliani, Fauriatun Helmiah, Nurul Rahmadani

Abstract


Abstract: In the world of education, a learning medium is needed, especially in an era that is all technological, it is hoped that students from TK Kemala Bhayangkari 08 Kisaran have a learning medium that is easier to understand and can be applied, for example by applying English learning using Android-based media, The system is designed using Adobe Flash CS6 and Action Script 3.0 Android Air Pugin for Adoobe Flash CS6 as a tool for making scripts on Android which aree displayed in the form of language and attractive images and sounds, so that children can easily learn basic English and better understand with the presence of images and sound. This application should be able to develop both emotional and spiritual intelligence of children and increase children’s insight in speaking English which was previously through independent learning or with other assistance for learning with Android-based English education, including images and sounds.

 

Keywords: Android,  Learning Media, Picture Dictionary

 

 

Abstrak: Dalam dunia Pendidikan sangat dibutuhkan sebuah media belajar, apalagi di zaman yang sudah serba teknologi maka diharapkan murid dari TK Kemala Bhayangkari 08 Kisaran memiliki suatu media belajar yang lebih mudah  dipahami dan dapat diterapkan, adapun contohnya dengan mengaplikasi kan pembelajaran bahasa Inggris menggunakan media berbasis Android,  sistem yang dirancang menggunakan Adobe Flash CS6 dan Action Script 3.0 Android Air Pugin for Adobe Flash CS6 sebagai bahan bantu pembuatan script  pada Android yang ditampilkan dalam bentuk bahasa serta gambar yang menarik dan suara, agar anak lebih mudah dalam mempelajari bahasa Inggris dasar serta lebih memahami dengan adanya gambar dan suara. Aplikasi ini harusnya dapat mengembangkan kecerdasan baik emosional dan spiritual anak dan menambah wawasan anak dalam mengucapkan bahasa Inggris, yang tadinya dengan cara belajar mandiri atau dengan pendampingan lain untuk pembelajaran dengan edukasi bahasa Inggris yang berbasis Android disertakan gambar dan suara.

 

Kata Kunci : Android, Kamus Bergambar, Media Pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Saurina, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Aanak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality. Jurnal IPTEK Vol.20 No.1 , 96.

Wahyudin, Romansyah, A., & Lauryn, M. S. (2015). Perancangan Aplikasi Edukasi Pengenlan Bahasa Inggris Berbasis Android Pada TK An-Nasir Tangerang. Jurnal PROSISKO Vol.2 No.1 , 88.

Syamsiah. (2017). Pengembangan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal SAP Vol. 2 No. 1 , 55-56.

Marianda, G., Johar, A., & Risdianto, E. (2015). Rancangan Bangun Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Konsep Gaya Pada Mata Pelajaran Fisika SMP Kelas VIII. Jurnal Rekursif, Vol. 2 No. 2 , 114.

Simarmata, J., & Mujiarto. (2019). Multimedia Pembelajaran. Jl. Gegerkalong Hilir No. 84 Bandung: ALFABETA, cv.




DOI: https://doi.org/10.33330/j-com.v1i1.1068

Article Metrics

Abstract view : 397 times
PDF - 302 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.